Motto Sekolah
Friday, 02 Dec 2022
  • Prestasimu Kebanggaanku, Budi Luhurmu Cahayaku

Giat Vaksin SMPN 3 Blitar

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Penulis: Irma

Blitar, 29 Desember 2021. Sudah hampir 2 tahun pandemic covid-19 melanda dunia tak terkecuali Indonesia. Hal tersebut berimbas terhadap banyak sektor terutama sektor pendidikan. Semua lembaga pendidikan terpaksa meliburkan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di sekolah dan beralih belajar secara daring. Seiring berjalannya waktu tentu saja pemerintah telah mengupayakan hal-hal yang dapat memulihkan dan memberantas pandemic covid-19 salah satunya dengan melakukan vaksinasi massal. Kegiatan vaksinasi secara massal gencar dilakukan oleh semua daerah yang akhirnya juga menyasar siswa sekolah, khususnya SMPN 3 Blitar. Kegiatan vaksinasi yang dilakukan oleh siswa diselenggarakan dengan 2 tahap yaitu vaksin dosis 1 yang diselenggarakan pada tanggal 23 September 2021 dan vaksin dosis 2 yang dijadwalkan terselenggara tanggal 21 Oktober 2021, tetapi mengalami penundaan dan penjadwalan ulang pada tanggal 26 Oktober 2021. Kegiatan vaksin dosis 2 dilaksanakan dengan jarak sekitar 2 minggu dari pelaksanaan vaksin dosis 1.

Pada kegiatan vaksinasi yang dilakukan di SMPN 3 Blitar dibantu oleh tenaga medis dari puskesmas Kepanjen Kidul yang datang langsung ke sekolah. Untuk menghindari terjadinya kerumunan, siswa yang melaksanakan vaksinasi dibagi dalam beberapa tahap secara bergantian. Mereka yang hendak divaksin tentu saja harus dalam keadaan sehat dan sarapan terlebih dahulu. Walikota Blitar juga turut hadir meninjau langsung pelaksanaan kegiatan vaksin dosis 1 kemarin.

Seperti yang kita ketahui pada pelaksaan vaksin covid-19 sangat perlu dilakukan saat ini untuk masyarakat usia 12 tahun sampai lansia agar penyebaran virus corona tidak semakin parah. Ada beberapa manfaat vaksin covid-19 antara lain merangsang sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penularan virus, mengurangi dampak berat dari virus apabila terkena paparan, dan mencapai herd immunity.

Meskipun telah melakukan vaksin lengkap, hal tersebut tidak mutlak membuat tubuh kita tidak akan tertular oleh virus. Tentu saja kita harus tetap melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat mencegah penularan virus. Kegiatan tersebut antara lain memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan atau memakai handsanitizer, olahraga teratur, makan makanan sehat dan bergizi, serta rutin meminum vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk saat ini sudah banyak masyarakat yang melakukan vaksin lengkap, dan hal itu berdampak baik dengan menurunnya jumlah penderita covid-19. Sekolah-sekolah pun juga sudah mulai dibuka dan melaksanakan kegiatan pembelajaran meskipun masih dilakukan secara bergantian dan belum kembali normal seperti sebelumnya. Pemerintah juga terus gencar mengingatkan masyarakat agar tetap melaksanakan prokes di mana saja. Siswa SMPN 3 Blitar sendiri yang sudah melaksanakan kegiatan PTM di sekolah selalu diingatkan agar mematuhi prokes selama di sekolah.

Harapan kita semua semoga dengan sudah dilakukannya berbagai upaya tersebut kelak dapat membuat kita semua terhindar dari virus yang mematikan ini dan bumi kembali normal. Sehingga tidak menghalangi generasi muda dalam mengembangkan ilmu dan membangun bangsa.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar